Sumber Makanan Terbaik Untuk Meningkatkan Metabolisme

Sumber makanan apa saja yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh? Makanan yang baik harus mampu memenuhi asupan gizi yang cukup bagi tubuh. Kehidupan masyarakat modern yang menuntut segala sesuatunya serba cepat terkadang membuat kita tidak memiliki waktu untuk memasak. Apalagi jika ortu kita sama-sama sibuk plus tidak ada pembantu di rumah maka makanan cepat saji menjadi favorit kita untuk makan. Sebagai generasi muda yang gemar mengkonsumsi fast food, mulai sekarang ada baiknya kita kontrol asupan makanan yang masuk dalam tubuh kita. Terutama buat kalian yang sedang ikut program diet, ada baiknya untuk mempertimbangkan daftar sumber makanan dibawah ini kedalam menu makanan harian kamu.

Makanan olahan yang berisi bahan kimia dan kalori tidak akan membantu kamu dalam mencapai tujuan penurunan berat badan. Jillian Michaels, seorang ahli Fitness & Health menguraikan sebagai berikut
5 Sumber Makanan Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Bawang Putih

Bawang putih dan keluarga bawang lainnya seperti bawang merah, daun bawang dst mampu merangsang produksi glutathione, antioksidan yang sangat penting dalam hati, dimana ia dapat membantu menghilangkan hormon-hormon kimia pengganggu dalam tubuh.

Keluarga bawang yang lain juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik “HDL”. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang putih juga dapat meningkatkan testosteron dan energi dalam tubuh. Sedangkan, bawang memiliki anthocyanin, yang dapat secara efektif mengurangi radikal bebas dan membantu memerangi obesitas dan diabetes. Mengunyah bawang putih secara langsung dapat membantu meningkatkan pelepasan enzim dalam bawang yang banyak bermanfaat bagi tubuh.

Kacang Merah

Yup, kacang merah memiiki sari pati yang resisten untuk membantu memperbaiki lapisan usus kamu melawan peradangan, kanker dan bakteri berbahaya lainnya. Di samping itu, kacang merah sudah terbukti dapat membantu menurunkan tingkat sensitivitas insulin dalam tubuh. Kandungan serat yang cukup besar dari kacang merah juga membantu Kamu merasa lebih kenyang dan yang terpenting kacang merah hanya menyimpan sedikit lemak. Belum cukup sampai disitu, kacang merah juga mampu membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida.

Vitamin B dan seng dalam kacang merah juga dapat meningkatkan testosteron. Testosteron inilah yang membantu meningkatkan energi dan membakar lebih banyak kalori dalam membentuk otot tubuh. Jika kamu ingin mengkonsumsi kacang merah, sebaiknya beli kacang merah kering yang ada di toko bukan KACANG MERAH KALENGAN. Mengapa demikian? Hal ini untuk menghindari kekhawatiran tentang kemungkinan adanya BPA dalam lapisan kaleng.

Raspberry dan Stroberi

Keluarga buah berry memang terkenal kaya manfaat untuk tubuh. Berry berwarna merah ini banyak mengandung anthocyanin. Beberapa studi menemukan bahwa kedua buah berry ini juga mampu menghentikan sel-sel lemak dalam tubuh agar tidak semakin besar dan mendorong mereka untuk melepaskan adiponektin, yaitu suatu hormon yang membantu mengurangi peradangan dan menurunkan gula darah. Buah berry juga banyak mengandung polifenol tertentu yang bermanfaat sebagai antioksidan sehingga mampu menetralkan radikal bebas yang memiliki efek merusak terhadap sel-sel dan jaringan tubuh.

Brokoli

Sayuran seperti brokoli, kembang kol dan kubis juga kaya akan polifenol. Brokoli memiliki kadar air dan serat yang tinggi. Kombinasi ini akan membantu Kamu merasa kenyang dan secara otomatis meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak sebanyak 30 persen. Brokoli merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh.

Biji-Bijian Gandum

Berhenti berpikir bahwa karbohidrat adalah musuh. Semua biji-bijian gandum dan barley memiliki nilai gizi yang tinggi bahkan dapat membantu mengontrol nafsu makan. Asam lemak rantai pendek (atom C 4-8) dari biji-bijian membantu kita makan lebih sedikit karena mereka merangsang sel-sel lemak di perut untuk melepaskan leptin. Tingginya tingkat serat dalam biji-bijian juga membantu kita merasa kenyang dengan memperlambat pelepasan gula darah dan kadar insulin. Agar mendapatkan manfaat yang optimal dari biji-bijian gandum, makanlah biji-bijian gandum yang utuh bukan dalam bentuk olahan seperti roti putih.